Follow by Email

Rabu, 24 Oktober 2012

Apa itu terapi bekam?

Bekam atau hijamah secara bahasa berasal dari kata al-hajmu yang artinya "mengisap". Hajama artinya "mengisap sesuatu". karena itu praktik pengisapan darah disebut al-hijjamah.

Sejarah Bekam
Terapi bekam telah dikenal sejak ribuan tahun lalu oleh berbagai bangsa di dunia. Pada zaman Dinasti Pharaoh (Firaun) terapi bekam menggunakan tanduk hewan sebagai alat menghisap darah, dengan cara melubangi ujung tanduk, mengisap udara dari dalam dan menyumbatnya dengan pasta. Mereka menyebutnya horn therapy (terapi tanduk).

Bangsa Romawi dan Yunani serta bangsa Cina menggunakan gelas kaca dan api sebagai alatnya. Ada juga yang menggunakan gelas bambu.

Bekam adalah sunah
Berikut ini sabda Nabi yang merekomendasikan terapi bekam:
1.  Dari Jabir berkata: Saya mendengar Nabi SAW bersabda: "Jika dalam sebagian obat kalian terdapat kebaikan, maka itu terdapat dalam sayatan alat bekam, minum madu, atau sundutan besi panas yang sesuai dengan penyakit. Tetapi aku tidak suka berobat dengan sundutan besi panas" (HR. Bukhari Muslim, dan Ahmad dalam Musnadnya)
2.  Dari Ibnu Abas, Nabi SAW bersabda:
"Tidaklah aku berlalu di hadapan sekelompok malaikat pada malam perjalanan isra'ku, kecuali mereka berkata'Wahai Muhammad, perintahkan umatmu supaya berbekam.'"(HR Bazzar dari Ibnu Abas dan Tirmidzi dari Ibnu Mas'ud. Disahihkan oleh Syaikh Muhammad Nashirudin Albani dalam Shahihul Jami". Disahihkan juga oleh beberapa imam yang lain dari beberapa sahabat.
3. Dari Nabi SAW beliau bersabda:
"Sungguh di antara obat terbaik kalian adalah bekam" (HR. Ahmad).
4.  Dari Ibnu Abas, Nabi SAW bersabda:
" Sebaik-baik hamba sahaya adalah yang pandai membekam, ia membuang darah, melunakkan yang keras, dan menajamkan penglihatan." (HR Tarmidzi).
5.  Dari Hasan Basri, ia berkata: Rasulullah bersabda:
"Sungguh kalian pasti perlu berobat, sedangkan pengobatan terbaik yang kalian gunakan adalah bekam." (Hadits ini mursal. diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dan Baihaqi).
Masih banyak hadits yang lain yang menjelaskan anjuran Rosululloh untuk berbekam, yang tidak diragukan kesahihannya.
Sekarang ini banyak dokter baik muslim maupun non muslim mempelajari dan mempraktikkan terapi bekam. Berbagai riset dan hasil penelitian menemukan bahwa bekam menjadi sarana pengobatan berbagai macam penyakit yang bahkan belum bisa disembuhkan oleh metode pengobatan Barat. Bahkan sebuah majalah mempublikasikan bahwa keluarga Ratu Inggris pernah mengirim sebuah tim medis ke Syiria untuk mempelajari metode terapi bekam guna mengobati salah satu anggota keluatga Ratu yang mengidap hemofilia. Hal ini membuktikan kebenaran dari sabda-sabda Rosulullah di atas. Tidak ada keraguan mengenainya, apabila mereka yang non-muslim saja mengakui kebenaran khasiat bekam, apalagi kita yang muslim yang sudah jelas merupakan sunah. Sehat sekaligus berpahala, menyenangkan bukan?

Dikutip dari buku "Penyakit dan Terapi Bekamnya" karangan Dr. Ahmad Razak Sharaf


Anda membutuhkan terapi bekam?hubungi 085729437082/ 085693069323 (M. Wahidin)